Thursday 19 November 2015

Ikan Buntal Yang Mematikan


Ikan Fugu atau disebut ikan Buntal berasal dari bahasa jepang jenis makanan yang dibuat dari ikan ini adalah Fugu Kara-Age adalah bagian daging dekat perut dan kepala fugu yang digoreng garing, atau Takifugu, Lagocephalus, atau Sphoeroides) atau ikan landak (dari genus Diodon).Bagian Daging ikan fugu yang  banyak di minati adalah hati, tapi bagian inilah yang paling beracun dan mematikan. Sehingga di jepang untuk restoran-restoran ikan Fugu ( Buntal ) di awasi dengan sangat ketat.

Fugu adalah ikan yang terkenal karena kemampuannya untuk membunuh, jika tidak siap memasaknya dengan tepat. Racun, Tetrododoxin, ditemukan dalam kulit, tulang, ovarium, usus dan terutama hati.

Tetapi ikan Fugu telah lama menjadi makanan yang lezat  di Jepang, dan ada sekitar 3800 restoran fugu di negara saat ini. Persiapan secara ketat dikontrol oleh hukum, koki fugu harus melalui latihan keras selama bertahun-tahun untuk mendapatkan sertifikasi ,yang memungkinkan mereka untuk mempersiapkan ikan untuk konsumsi manusia. Pada akhir pelatihan, ada tes yang koki harus mempersiapkan hidangan fugu - dan memakannya!  Di restoran, fugu biasanya dimakan mentah, seperti sashimi, potong menjadi irisan sangat tipis. beberapa mengatakan rasanya seperti ayam, tetapi memiliki halus, tekstur agar-agar.

Jika Anda ingin memesan sendiri, pastikan Anda melihat sertifikat koki sebelum Anda memesannya..Beberapa orang suka makan ikan tetapi masih ada jumlah kecil racun yang tersisa di dalamnya. Akibatnya Mereka merasa kesemutan di bibir, dan itu efek dari memakan ikan fugu. Tapi akan menjadi lebih berbahaya apabila terlalu banyak racun,akan segera mengalami sesuatu yang jauh lebih buruk.

Tetrododoxin tidak melewati sawar darah otak, sehingga korban tetap sadar sepenuhnya sedangkan sistem saraf pusat mereka secara bertahap menutup, pertama memproduksi pusing dan bicara ngawur, kemudian melumpuhkan otot-otot. Hal ini dapat menyebabkan asfiksia, dan kemungkinan kematian. (Tidak ada penawar untuk keracunan fugu).

Oleh karena itu apabila anda mengalami gangguan diatas setelah mengkomsumsi ikan fugu ada baiknya untuk segera ke rumah sakit untuk dipompa perut anda, untuk mencegah racun masuk leih jauh lagi ke dalam tubuh melalui pencernaan, dan dilakukan sebelum 30 menit setelah makanan masuk kedalam tubuh , namun tetap berhati-hati karena terkadang racunnya masih bereaksi 6 jam pertama setelah daging itu di pompa keluar.

khususnya di Indonesia tentulah agar lebih berhati-hati untuk memakannya karena harus ada sertifikasi koki yang menjamin ikan buntal tersebut dapat dimasak, kasus kematian itu sendiri pernah terjadi di Singapura di restoran jepang dengan memakan korban Koki yang mencoba memakannya , kemudian di Thailand pada tahun 2004- 2007 menelan korban 115 orang yang harus dilarikan kerumah sakit karena memakan ikan buntal, 
Anda berminat untuk mencobanya ? Ikan yang dibandrol cukup mahal ini yang di Jepang saja harga bisa mencapai 10.500 yen atau di rupiahkan sekitar  Rp. 840.000 ribu,harga yang pantas dengan resiko, sensasi dan terjaminnya makanan tersebut.

baca juga : Ikan Nila Si Penyembuh Luka Pada Kulit


No comments:

Post a Comment